Prinsip Kerja Kapal Selam
Di dalam kapal selam terdapat kompresor
udara yang fungsinya dapat memanpatkan udara. Ketika mengapung, sebagian besar
badan kapal selam diisi udara sehingga secara keseluruhan ρ (massa jenis) kapal
lebih kecil dari ρ(massa jenis) air laut dan meyebabkan ia bisa mengapung.
Kemudian jika kapal selam ingin lebih tenggelam, udara tadi dikeluarkan dan air laut disekitarnya dimasukkan sehingga ρ (massa jenis) kapal secara keseluruhan lebih besar dari ρ (massa jenis) air laut. Dan jika kapal selam ingin mengapung lagi maka air laut tadi dikeluarkan dan digantikan dengan udara dari kompresor.
Kemudian jika kapal selam ingin lebih tenggelam, udara tadi dikeluarkan dan air laut disekitarnya dimasukkan sehingga ρ (massa jenis) kapal secara keseluruhan lebih besar dari ρ (massa jenis) air laut. Dan jika kapal selam ingin mengapung lagi maka air laut tadi dikeluarkan dan digantikan dengan udara dari kompresor.
Kapal selam merupakan sebuah wahana
yang unik karena bisa mengapung dan menyelam di air sesuai kebutuhan, pembuatan
kapal selam pertama kali di gunakan untuk keperluan perang dan masih berbentuk
sangat sederhana (turtle). Namun pada masa sekarang selain untuk perang, kapal
selam juga di gunakan sebagai wahana rekreasi dan juga penelitian bawah air (ocean
research).
Ada pertanyaan menarik dari seorang teman saya beberapa waktu lalu, yaitu bagaimana cara sebuah kapal selam yang beratnya berton ton bisa menyelam.
Ada pertanyaan menarik dari seorang teman saya beberapa waktu lalu, yaitu bagaimana cara sebuah kapal selam yang beratnya berton ton bisa menyelam.
Pertanyaan menarik. Kalau masalah
mengapung kita pasti tahu bahwa Hukum Archimedes (+250 sebelum Masehi) adalah
jawabannya “Jika suatu benda dicelupkan ke dalam sesuatu zat cair, maka benda
itu akan mendapat tekanan keatas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair
yang terdesak oleh benda tersebut”.
Dan itu berlaku pada setiap kapal
konvensional. Sedangkan untuk menyelam kapal selam memakai Hukum Boyle dan
Hukum Buoyancy (pengapungan).
Gambar Kapal Selam Dalam Keadaan Mengapung
Kapal
selam di desain memiliki tanki balast (trim), Tanki balast berfungsi menyimpan
udara dan air, letaknya berbeda beda tergantung biro desain yang
merancangnya.Untuk awalnya saya akan memberi visualisasi gambar potongan kapal
selam seperti yang terlihat di bawah ini:
Posisi
Mengapung
Gambar Posisi Mengapung
Posisi
Menyelam
Gambar Posisi Menyelam
Sedikit
tambahan, kapal selam sekarang mulai di lengkapi dengan berbagai macam
persenjataan, yang awalnya hanya sebuah skrup untuk melubangi kapal musuh, sekarang bisa di
muati rudal jelajah maupun rudal antar benua yang berhulu ledak nuklir. Yang
pada mulanya hanya cukup untuk satu orang hingga sekarang dapat memuat
ratusan personel. Kapal selam lama menggunakan diesel sebagai penggerak utama
sehingga kemampuan bersembuyi di air sangat terbatas karena harus sering
muncul ke permukaan untuk pengisian kembali bahan bakar, kini kapal selam
nuklir lebih efisien karena sangat hemat dan menekan biaya operasional,
karena dalam sekali charge kapal selam mampu berlayar bertahun tahun tanpa
perlu mengisi bahan bakar. Namun itu bukan berarti tidak beresiko. Kejadian
bocornya radiasi pada kapal K-19 Rusia beberapa dekade lalu, menunjukkan
kalau perlu keamanan extra untuk
mengoperasikan sebuah kapal selam nuklir, selain merupakan sebuah kebanggaan
tersendiri bagi pihak Angkatan Laut bisa mengoperasikannya
Gambar
Keadaan didalam kapal selam
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar