Tahapan Model Pembelajaran Learning
Cycle 7E
Menurut Eisenkraft (2003) tahapan-tahapan
model pembelajaran Learning Cycle 7E dapat
dijelaskan sebagai berikut:
a. Elicit
(Memperoleh/mendapatkan)
Pada fase ini guru dapat mengetahui
sampai dimana pengetahuan awal siswa terhadap pelajaran yang akan dipelajari
dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang merangsang pengetahuan awal siswa
agar timbul respon dari pemikiran siswa serta menimbulkan kepenasaran tentang
jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru. Guru menentukan pengetahuan
sebelumnya: "Apa yang kamu
ketahui tentang ….?". Fase ini memfokuskan agar siswa mengambil pengalaman
yang ada yang dikaitkan dengan pengetahuan baru.
b.
Engage (melibatkan)
Pada fase ini guru mencoba untuk
memotivasi siswa dan membuat mereka terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Fase
ini dapat dilakukan dengan demonstrasi, diskusi, membaca, atau aktivitas lain
yang digunakan untuk membuka pengetahuan siswa dan mengembangkan rasa
keigintahuan siswa.
c.
Explore
(menyelidiki)
Pada fase ini adalah tentang
menggunakan pengetahuan sebelumnya untuk bereksperimen dengan pengetahuan baru.
Para guru memberikan bimbingan kepada pelajar
serta membiarkan peserta didik mengeksplorasi pengetahuan baru dan memecahkan
pertanyaan-pertanyaan sendiri. Pada fase ini siswa diberi kesempatan untuk mengamati data, merekam data, mengisolasi
variabel, membuat grafik, menafsirkan hasil, mengembangkan hipotesis serta
mengatur temuan mereka.
d.
Explain
(menjelaskan)
Pada fase ini, lebih banyak interaksi
antara guru dan siswa. Siswa menjelaskan apa yang ia temukan
dan hadapi dalam fase sebelumnya, dan menghasilkan konsep. Siswa menyimpulkan
dan mengemukakan hasil dari temuannya pada fase explore. Sebagai contoh, siswa melakukan percobaan untuk
mengeksplorasi beberapa fenomena, dan siswa mencoba untuk menjelaskan data yang telah didapatkannya.
e.
Elaborate
(mengembangkan)
Fase ini bertujuan untuk membawa siswa menerapkan simbol-simbol,
definisi-defiisi, konsep-konsep, dan
keterampilan-keterampilan pada permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan
contoh dari pelajaran yang dipelajari.
f.
Extend
(memperpanjang/memperluas)
Pada fase ini bertujuan untuk berpikir, mencari, menemukan dan menjelaskan penerapan
konsep yang telah dipelajari bahkan kegiatan ini dapat merangsang siswa untuk
mencari hubungan konsep yang mereka pelajari dengan konsep lain yang sudah atau
belum mereka pelajari.
g.
Evaluate
(evaluasi)
Pada
fase ini guru melakukan penilaian formatif
siswa dan menguji apakah siswa mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, guru
juga mendapatkan masukan dari hasil siswa dan dapat mengubah strategi mengajar
mereka pada pembelajaran
berikutnya.
Gambar Bagan Tahapan Learning Cycle 7E
|
Lorsbach
dan Eisenkraft mengemukakan (Alamsyah, 2009) tentang deskripsi pembelajaran Learning Cycle 7E seperti pada Tabel dibawah ini.
Tabel Kegiatan Pembelajaran yang Dilakukan pada Tiap Fase dalam
Model Pembelajaran Learning Cycle
7E
Fase
7E
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Elicit
|
· Memfokuskan
siswa terhadap materi yang akan dipelajari
· Mengajukan
pertanyaan apersepsi kepada siswa dengan pertanyaan seperti “Apa yang kamu
pikirkan?” atau “Apa yang kamu ketahui?” yang sesuai dengan permasalahan
|
· Memfokuskan
diri terhadap apa yang disampaikan oleh guru
· Mengingat
kembali materi yang telah dipelajari
· Mengajukan
pendapat jawaban berdasarkan pengetahuan sebelumnya atau pengalamannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Engage
|
· Mengajukan pertanyaan untuk menggali konsepsi awal siswa
tentang materi yang akan dipelajari
· Menyajikan
demonstrasi atau bercerita tentang fenomena alam yang sering terjadi dalam
kehidupan sehari-hari
· Memberikan
pertanyaan untuk memotivasi dan keingintahuan siswa
|
· Menjawab
pertanyaan yang diajukan guru
· Memperhatikan
guru ketika sedang menjelaskan atau mendemonstrasikan sebuah fenomena
· Mencari
dan berbagi informasi yang mendukung konsep yang akan dipelajari
· Memberikan
pendapat jawaban
|
Explore
|
·
Membagi siswa ke dalam beberapa
kelompok.
·
Membagikan LKS kepada siswa dan
menginformasikan petunjuk tentang tata cara pengisiannya
·
Mengamati dan membimbing kinerja siswa
dalam melakukan praktikum
·
Membimbing dan mengarahkan siswa dalam
melakukan diskusi kelompok
|
· Siswa
duduk berkelompok dan melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah
praktikum yang ada di LKS dengan arahan dan bimbingan dari guru
· Mendapatkan
LKS praktikum
· Melakukan
praktikum dan berdiskusi dengan teman sekelompok untuk membuat laporan dari hasil praktikum
|
Explain
|
·
Membimbing siswa dalam menyiapkan
laporan (data dan kesimpulan) eksperimen
·
Menganjurkan siswa untuk menjelaskan
laporan eksperimen dengan kata-kata mereka sendiri
·
Memfasilitasi siswa untuk melakukan
presentasi laporan eksperimen
·
Mengarahkan siswa pada data dan petunjuk
yang telah diperoleh dari pengalaman sebelumnya atau dari hasil eksperimen
untuk mendapatkan kesimpulan
|
·
Melakukan presentasi dengan cara
menjelaskan data yang diperoleh dari hasil eksperimen Mendengarkan penjelasan
kelompok lain
·
Mengajukan pertanyaan dan sanggahan terhadap
penjelasan kelompok lain
|
Elaborate
|
·
Mengajak siswa untuk menggunakan istilah
umum
·
Menganjurkan siswa untuk menggunakan
konsep yang telah mereka dapatkan
·
Memberikan penguatan terhadap konsep
yang telah dipelajari
|
·
Menggunakan istilah umum dan pengetahuan
yang baru
·
Menggunakan informasi sebelumnya yang
didapat untuk bertanya, mengemukakan pendapat dan membuat keputusan
·
Membuat hubungan antara konsep yang
telah dipelajari dengan kehidupan sehari-hari sebagai gambaran aplikasi
konsep yang nyata
|
Extend
|
·
Memperlihatkan hubungan antara konsep
yang dipelajari dengan konsep yang lain
·
Memberikan soal atau permasalahan dan
mengarahkan siswa untuk menyelesaikan sebagai aplikasi konsep dari materi yang
dipelajari
|
·
Melihat hubungan antara konsep yang
dipelajari dengan konsep yang lain
·
Berfikir, mencari, menemukan dan
menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari
·
Menerapkan pengetahuan yang baru untuk
menyelesaikan soal-soal
|
Evaluate
|
· Memberikan
soal evaluasi, bisa berupa kuis
|
· Mengerjakan
soal evaluasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar