Peringkat
Keberapakah Indonesia dalam Setiap Penyelenggaraan PISA ?
PISA adalah proyek dari Organization for Economic Cooperation
and Development (OECD) yang berkedudukan di Paris, Perancis. yakni berupa usaha
kolaboratif dari negara anggota OECD untuk mengukur pencapaian peserta didik
pada usia 15 tahun. Pada abad 21, science
and technology sudah berkembang dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan
masyarakat regional, nasional, dan dunia. Sehingga literasi sains terasa sangat
diperlukan untuk membekali peserta didik menghadapi tantangan masa depan. Usia
15 tahun dipilih karena dianggap usia kritis, dimana pada usia ini harus sudah
memiliki kemampuan yang diperlukan bagi orang dewasa untuk dapat bertahan
hidup. Teknis penyelenggaraan studi PISA dikoordinasikan oleh konsorsium
internasional yang diketuai oleh Australian
Council for Educational Research yang berkedudukan di Melbourne, Australia.
Konsorsium ini terdiri atas lembaga penelitian dan pengujian yang terkemuka di
dunia yaitu The Netherlands National Institute for Educational Measurement
(CITO), Belanda; Educational Testing Service (ETS), Amerika Serikat;
Westat Amerika Serikat; dan National Institute for Educational Research
(NIER), Jepang. PISA merupakan studi yang diselenggarakan setiap tiga tahun
sekali, yaitu pada tahun 2000, 2003, 2006, 2009, dan seterusnya.
Tujuan utama dari PISA yang pertama adalah untuk menilai
pengetahuan, keterampilan dan kesiapan peserta didik dalam pembelajaran seumur
hidup (longlife learning) dan
partisipasi orang dewasa dalam masyarakat, yang kedua adalah memberikan
indikator internasional untuk hasil peserta didik dalam domain utama di atau dekat
akhir sekolah wajib, ketiga memberikan konteks yang luas bagi negara-negara
untuk menafsirkan hasil tersebut. Bagi Indonesia, manfaat yang dapat diperoleh
antara lain adalah untuk mengetahui posisi prestasi literasi peserta didik
Indonesia bila dibandingkan dengan prestasi literasi peserta didik di negara
lain dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu hasil studi ini
(PISA) diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam perumusan kebijakan
untuk peningkatan mutu pendidikan.
v
Domain yang diujikan pada PISA meliputi :
1.
Literasi Membaca, aspek yang diukur adalah memahami,
menggunakan, dan merefleksikan dalam bentuk tulisan.
2.
Literasi Matematika, aspek yang diukur adalah
mengidentifikasi dan memahami serta menggunakan dasar-dasar matematika yang
diperlukan seseorang dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.
3.
Literasi Sains, aspek yang diukur adalah menggunakan
pengetahuan dan mengidentifikasi masalah untuk memahami fakta-fakta dan membuat
keputusan tentang alam serta perubahan yang terjadi pada lingkungan.
v Metoda
yang digunakan pada proses pengujian PISA meliputi:
1.
Tes tertulis (paper and pencil test)
dengan total waktu dua jam untuk setiap peserta didik
2.
Item tes dicampur berbentuk pilihan
ganda, pertanyaan isian yang menuntut peserta didik untuk membangun jawabannya
sendiri. Pertanyaan disusun dalam kelompok berdasarkan situasi sebenarnya.
3.
Total waktu yang diperlukan adalah 390
menit.
4.
Jawaban peserta didik merupakan latar
belakang dari quesioner yang diselesaikan selama 30 menit, yang memberikan
informasi tentang peserta didik sendiri dan tempat tinggalnya. Kepala sekolah
diberikan quesioner tentang sekolahnya yang diselesaikan dalam waktu 20 menit.
v PISA
menetapkan tiga dimensi besar literasi sains dalam pengukurannya, yakni proses
sains, konten sains, dan konteks aplikasi sains.
1.
Aspek Konten
Konten sains merujuk pada konsep-konsep kunci dari
sains yang diperlukan untuk memahami fenomena alam dan perubahan yang dilakukan
terhadap alam melalui aktivitas manusia. Dalam kaitan ini PISA tidak secara
khusus membatasi cakupan konten sains hanya pada pengetahuan yang menjadi
materi kurikulum sains sekolah, namun termasuk pula pengetahuan yang dapat
diperoleh melalui sumber-sumber informasi lain yang tersedia.
Oleh karena itu PISA bertujuan mendeskripsikan
seberapa jauh peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dalam konteks
yang terkait kehidupannya, dan soal-soal PISA hanya mencakup sampel pengetahuan
sains, maka PISA menentukan kriteria pemilihan konten sains sebagai berikut;
- Relevan dengan situasi kehidupan nyata
- Merupakan pengetahuan penting sehingga penggunaannya
berjangka panjang
- Sesuai untuk tingkat perkembangan anak usia
15 tahun
Berdasarkan kriteria konten seperti itu, peserta
didik harus mampu mengaplikasikan pengetahuan dan kompetensi sains dalam
konteks yang dipandang sebagai sistem.
2.
Aspek Proses
PISA memandang pendidikan sains berfungsi untuk
mempersiapkan warga negara masa depan,
yakni warga negara yang mampu berpartisipasi dalam masyarakat yang semakin
terpengaruh oleh kemajuan sains dan teknologi. Oleh karenanya pendidikan sains
perlu mengembangkan kemampuan peserta didik memahami hakekat sains, prosedur
sains, serta kekuatan dan limitasi sains. Peserta didik perlu memahami
bagaimana ilmuwan sains mengambil data dan mengusulkan eksplanasi-eksplanasi
terhadap fenomena alam, mengenal karakteristik utama penyelidikan ilmiah, serta
tipe jawaban yang dapat diharapkan dari sains. Karakteristik utama sains
mencakup: pengumpulan data dipandu oleh gagasan dan konsep, sifat tentatif dari
pengetahuan sains, keterbukaan terhadap pengujian dan pengkajian, menggunakan
argumen logis, serta kewajiban untuk melaporkan metode dan prosedur yang
digunakan dalam pengumpulan bukti.
3.
Aspek Konteks
PISA menilai pengetahuan sains relevan dengan
kurikulum pendidikan sains di negara partisipan tanpa membatasi diri pada
aspek-aspek umum kurikulum nasional setiap negara. Penilaian PISA dibingkai
dalam situasi kehidupan umum yang lebih luas dan tidak terbatas pada kehidupan
di sekolah saja.
Dalam memilih konteks, PISA bertujuan menilai
pemahaman dan kemampuan dalam sains, serta sikap-sikap yang harus dimiliki peserta
didik pada akhir masa wajib belajar. Sebagai studi Internasional, konteks yang
digunakan untuk soal-soal PISA harus dipilih sedemikian rupa sehingga sesuai
dengan minat dan kehidupan peserta didik di setiap negara-negara partisipan.
Butir-butir soal PISA dikembangkan dan dipilih dengan memperhatikan faktor
keragaman budaya dan bahasa di negara-negara partisipan PISA
Partisipasi Indonesia dalam PISA
Pada literasi sains PISA, kompetensi yang diujikan
adalah mengidentifikasi isu-isu ilmiah, menjelaskan fenomena secara ilmiah,
serta menggunakan bukti ilmiah untuk membuat keputusan dan berkomunikasi. Indonesia mulai sepenuhnya berpartisipasi sejak tahun 2000.
Pada tahun 2000 sebanyak 41 negara berpartisipasi sebagai peserta
sedangkan pada tahun 2003 menurun menjadi 40 negara, pada tahun 2006 melonjak
menjadi 57 negara, dan pada tahun 2009 bertambah lagi menjadi 74 negara. Hasil
literasi sains PISA tahun 2003-2009 dapat dilihat pada Tabel berikut:
Tabel
Hasil Literasi Sains PISA 2003-2009
2003
|
2006
|
2009
|
||||
No.
|
Negara
|
Skor
|
Negara
|
Skor
|
Negara
|
Skor
|
1
|
Finlandia
|
548
|
Finlandia
|
563
|
Shanghai
|
575
|
2
|
Jepang
|
548
|
Hongkong
|
542
|
Finlandia
|
554
|
3
|
Hongkong
|
539
|
Kanada
|
534
|
Hongkong
|
549
|
4
|
Korea Selatan
|
538
|
Taiwan
|
532
|
Singapura
|
542
|
5
|
Liechtenstein
|
525
|
Estonia
|
531
|
Japan
|
|
6
|
Australia
|
525
|
Jepang
|
531
|
Korea
|
|
7
|
Makau
|
525
|
Selandia Baru
|
530
|
Selandia Baru
|
|
8
|
Belanda
|
524
|
Australia
|
527
|
Kanada
|
|
9
|
Ceko
|
523
|
Belanda
|
525
|
Estonia
|
|
10
|
Selandia baru
|
521
|
Liechtenstein
|
522
|
Australia
|
|
11
|
kanada
|
519
|
Korea Selatan
|
52
|
Belanda
|
|
12
|
Swiss
|
513
|
Slovenia
|
519
|
Chinese Taipei
|
|
13
|
Prancis
|
511
|
Jerman
|
516
|
Jerman
|
|
14
|
Belgia
|
509
|
Inggris
|
515
|
Liechtenstein
|
|
15
|
Swedia
|
506
|
Ceko
|
513
|
Swiss
|
|
16
|
Irlandia
|
505
|
Swiss
|
512
|
Inggris
|
|
17
|
Hungaria
|
503
|
Makau
|
511
|
Slovenia
|
|
18
|
Jerman
|
502
|
Austria
|
511
|
Macao-China
|
|
19
|
Polandia
|
498
|
Belgia
|
510
|
Poland
|
|
20
|
Slowakia
|
495
|
Irlandia
|
508
|
Irlandia
|
|
21
|
Islandia
|
495
|
Hungaria
|
504
|
Belgia
|
|
22
|
Amerika Serikat
|
491
|
Swedia
|
503
|
Hungaria
|
|
23
|
Austria
|
491
|
Polandia
|
498
|
Amerika
|
|
24
|
Rusia
|
489
|
Denmark
|
496
|
Republik Czech
|
|
25
|
Latvia
|
489
|
Prancis
|
495
|
Norwegia
|
|
26
|
Spanyol
|
487
|
Slowakia
|
493
|
Denmark
|
|
27
|
Italia
|
486
|
Islandia
|
491
|
Prancis
|
|
28
|
Norwegia
|
484
|
Latvia
|
490
|
Eslandia
|
|
29
|
Luksemburg
|
483
|
Amerika Serikat
|
489
|
Swedia
|
|
30
|
Yunani
|
481
|
Slowakia
|
488
|
Austria
|
|
31
|
Denmark
|
475
|
Spanyol
|
488
|
Latvia
|
|
32
|
Portugis
|
468
|
Lithuania
|
488
|
Portugal
|
|
33
|
Uruguay
|
438
|
Norwegia
|
487
|
Lithuania
|
|
34
|
Serbia
|
436
|
Luksemburg
|
486
|
Slovakia
|
|
35
|
Turki
|
434
|
Rusia
|
479
|
Italia
|
|
36
|
Thailand
|
429
|
Italia
|
475
|
Spanyol
|
|
37
|
Meksiko
|
405
|
Portugis
|
474
|
Kroasia
|
|
38
|
Indonesia
|
395
|
Yunani
|
473
|
Luksemburg
|
|
39
|
Brazil
|
390
|
Israel
|
454
|
Federasi Rusia
|
|
40
|
Tunisia
|
385
|
Cili
|
438
|
Malta
|
|
41
|
|
|
Serbia
|
436
|
Israel
|
|
42
|
|
|
Bulgaria
|
434
|
Turki
|
|
43
|
|
|
Uruguay
|
428
|
Chili
|
|
44
|
|
|
Turki
|
424
|
Serbia
|
|
45
|
|
|
Yordania
|
422
|
Bulgaria
|
|
46
|
|
|
Thailand
|
421
|
UAE
|
|
47
|
|
|
Rumania
|
418
|
Costa Rica
|
|
48
|
|
|
Montenegro
|
412
|
Romania
|
|
49
|
|
|
Meksiko
|
410
|
Uruguay
|
|
50
|
|
|
Indonesia
|
393
|
Thailand
|
|
51
|
|
|
Argentina
|
391
|
|
|
52
|
|
|
Brazil
|
390
|
Malaysia
|
|
53
|
|
|
Kolumbia
|
388
|
Miranda-Venezuela
|
|
54
|
|
|
Tunisia
|
386
|
Mauritus
|
|
55
|
|
|
Azerbeijan
|
382
|
Mexico
|
|
56
|
|
|
Qatar
|
349
|
Yordania
|
|
57
|
|
|
Kirgiztan
|
322
|
Moldova
|
|
58
|
|
|
|
|
Tri&Tobago
|
|
59
|
|
|
|
|
-
|
|
60
|
|
|
|
|
-
|
|
61
|
|
|
|
|
Montenegro
|
|
62
|
|
|
|
|
Argentina
|
|
63
|
|
|
|
|
Tunisia
|
|
64
|
|
|
|
|
Kazakhstan
|
|
65
|
|
|
|
|
Albania
|
|
66
|
|
|
|
|
Indonesia
|
383
|
67
|
|
|
|
|
Qatar
|
379
|
Berdasarkan kajian hasil literasi sains PISA pada
tahun 2000-2009 ditemukan indikasi bahwa kelemahan peserta didik Indonesia pada
literasi sains disebabkan oleh rendahnya kemampuan mengidentifikasi masalah
ilmiah, menggunakan fakta ilmiah, memahami sistem kehidupan, dan memahami
penggunaan peralatan sains. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik-peserta
didik Indonesia yang rendah dalam literasi sains, menurut Balitbang pada tahun
2007 maka perlu dilakukan ;
1)
Peningkatan pembelajaran sains yang
mengarah kepada kemampuan mengidentifikasi masalah, menggunakan fakta,
menerapkan sistem kehidupan, memahami penggunaan peralatan sains,
2)
Penyediaan alat pembelajaran sains,
3)
Penggunaan sumber belajar/buku sesuai
dengan konteks kompetensi, dan
4)
Peningkatan kemampuan guru sains.
Menurut simpulan saya pada tahun 2015
yang berdasarkan uraian diatas....... heheeh
Indonesia telah ikut
serta dalam pelaksanaan PISA sampai saat ini. Walaupun prestasi yang diperoleh
belum memuaskan karena berada di bawah rata-rata internasional, namun Indonesia
tetap berusaha dalam mengejar ketertinggalan ini. Salah satu usaha yang
dilakukan adalah menyesuaikan pola pendidikan di Indonesia dengan tuntutan
internasional. menurut saya pembelajaran IPA/ Sains di Indonesia sebaiknya
lebih menekankan pada kegiatan pembelajaran yang melatih kemampuan menalar dan
literasi sains peserta didik. misalnya kegiatan pembelajaran lebih mengkaitkan
materi yang dipelajari dengan fenomena keseharian peserta didik. disisi lain kompetensi
guru juga harus lebih ditingkatkan, karena ketika kompetensi guru bertambah, insyaallah
guru akan mudah membimbing dan meluruskan pemahaman peserta didik yang masih
keliru atau bercabang menjadi lebih terfokus dan bermakna..
Nah... bagaimana kalo
menurut Anda solusinya ?????
DAFTAR
PUSTAKA
The
PISA. 2003
OECD.
Assesment Framework. Mathematics, reading, science and problem solving,
knowledge and skill. 2003.
Pusat
Penelitian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kemendikbud. Analisis
Komparasi Hasil UN dan TIMSS. 2011.
TIMSS
1995 Home. http://timssandpirls.bc.edu/timss1995.html
The Latest TIMSS and PIRLS Scores | Brookings
Institution.
Assessment Resource Banks in English,
Mathematics, and Science.
"...kemampuan menalar dan literasi..." <- good point, nalar itu penting.
BalasHapus"...kompetensi guru juga harus lebih ditingkatkan..." <- ini juga sangat penting! guru dan semua orang lain tidak boleh berhenti belajar....
"...menjadi lebih terfokus..." <- jangan sampai 'terfokus' menghasilkan siswa seperti robot, hanya menuruti apa yang guru pikir, tidak menerima perbedaan pendapat.