Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : X / 2
Mata Pelajaran : Fisika
Materi : Pengukuran Besaran Suhu
Waktu : 07.00 – 08.30
A.
Syntax Model Pembelajaran Berkelompok (Group Investigation)
Fase
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Fase 1: Menghadapi
masalah
|
1. Mengajukan dua pertanyaan tentang suhu dan skala thermometer
untuk mengetahui pemahaman siswa tentang suhu yang telah disampaikan pada
pertemuan sebelumnya.
2. Menyediakan es batu , air minum dalam kemasan, dan
air panas yang tersimpan dalam termos,dan 5 buah thermometer.
3 Mendemonstrasikan penggunaan termometer.
4. Mengajukan pertanyaan “ jika benda – benda pada
point.3 diukur suhunya dalam skala Celsius, berapa besar suhu benda- benda
tersebut jika dinyatakan dalam skala Kelvin, Fahrenheat, dan reamur?
|
|
07:05-07.20
|
Fase 2 : Reaksi
|
1. Membagi siswa kedalam lima kelompok.pembagian
kelompok didasarkan pada hasil ulangan Bab sebelumnya dan didasarkan pada
jenis kelamin.
2.
Menginstruksikan siswa untuk duduk sesuai dengan
kelompoknya.
3.
Menginstruksikan tiap kelompok untuk mengambil es
batu,air dalam kemasan, dan air dalam termos, serta termometer.
4.
Menginstruksikan tiap kelompok untuk melakukan kegiatan
seperti dalam buku LKS. Dengan alokasi waktu selama 30 menit.
|
|
07:20-07:30
|
Fase 3 : Formulasi
|
1.
Membimbing tiap kelompok untuk menentukan peranan
dari tiap – tiap anggota kelompok
|
1.
Menentukan peranan tiap anggota kelompok
|
07:30-07.35
|
Fase 4 :
Penyelidikan
|
1.
Membimbing tiap kelompok saat melakukan penyelidikan
|
1.
Tiap kelompok melakukan kegiatan penyelidikan sesuai
dengan yang ada di LKS.
|
07:35-07:55
|
Fase 5 :
Analisis
|
1.
Memberikan sedikit bimbingan kepada kelompok yang mengalami
kesulitan dalam pengolahan data hasil percobaan.
2.
Menginstruksikan perwakilan dari tiap kelompok untuk
menuliskan pengolahan data hasil percobaannya di papan tulis.
3.
Menginstruksikan tiap perwakilan dari tiap kelompok
untuk menyampaikan analisi dari hasil percobaan yang mereka peroleh.
4.
Bersama siswa guru memimpin jalannya diskusi tentang
hasil percobaan yang telah dilakukan.
5.
Menyajikan informasi ( materi ) yang terkait dengan
eksperimen yang telah dilakukan.
6.
Membuka sesi pertanyaan bagi siswa yang belum
memahami materi yang telah dijelaskan dan telah dieksperimenkan.
|
1.
Mengolah data hasil percobaan dan menganalisi hasil
dari pengolahan data tersebut.
2.
Menuliskan data hasil percobaan di papan tulis dan
memaparkan analisis dari pengolahan data hasil percobaan.
3.
Menanyakan hal yang belum mengerti tentang materi
yang telah di jelaskan dan telah dieksperimenkan.
|
07:55-08:25
|
Fase
6 :
Pengulangan kegiatan
|
Jika
guru memberikan permasalahan baru, maka siswa akan melakukan kegiatan pada
fase dua sampai lima.
|
B.
Syntax
Model Pembelajaran Berpikir Induktif
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Fase 1: Siswa menyebutkan dan
menyusun daftar data
|
1. Meminta siswa untuk
memperhatikan dengan seksama video yang akan diputar.
2. Dengan menggunakan media
pembelajaran berbasis komputer,guru memutar sebuah video pembelajaran yang
isinya tentang kehidupan sehari hari.dimana dalam video tersebut tersirat
beberapa benda yang suhunya disebutkan dalam berbagai skala suhu ( Celsius,
kelvin, reamur, dan fahrenheat ).
3. Setelah video selesai
diputar, guru meminta siswa untuk menyebutkan benda - benda dimana benda – benda dalam video
tersebu, dimana benda-benda tersebut mempunyai suhu yang bervariasi.
4. Menginstruksikan siswa untuk
mencatat data dan suhu benda yang mereka amati daliam video.
|
1. Siswa menyaksikan video yang
dipuar oleh guru.
2. Beberapa siswa meresponn
pertanyaan yang diajukan guru.
3. Semua siswa mencatat daftar
benda – benda yang ada dalam video beserta suhunya
|
07:05-07:25
|
Fase 2 : siswa mengelompokan data
|
1. Menginstruksikan siswa untuk
mengelompokan data yang mereka peroleh. Dimana pengelompokan data dilkukan
berdasarakn skala suhu
|
1. Masing – masing siswa
melakukan pengelompokan data sesuai instruksi guru.
|
07:25-07:29
|
Fase 3 : siswa memberi nama dan
mengklasifikasikan data
|
1. Membimbing siswa untuk mengklasifikasikan data dengan benar sesuai
ketentuan yang telah ditetapkan, yakni pengklasifikasian dilakukan
berdasarkan skala suhu.
|
1.
Mengklasifikasikan data yang diperoleh dari proses pengamatan terhadap
isi video yang ttelah diskasikan..
|
07:29-07:33
|
Fase 4 : mengidentifikasi hubungan antar data yang diperoleh.
|
1. Memberikan sedikit penjelasa
tentang perbandingan antara skala Celsius, Fahrenheat, Reamur, dan Kelvin.
2. Menginstruksikan siswa untuk
mencari hubungan antar skala tersebut berdasarkan perbandingan yang telah
dijelaskan sebelumnya.
|
1. Dengan menggunakan sumber
buku fisika yang mereka punya, siswa mencari hubungan antar skala suhu tersebut.
|
07:33-07:40
|
Fase 5 : siswa menyelidiki bagaiman
hubungan itu.
|
1. Membimbing siswa dalam
menylidiki hubungan antar skla suhu tersebut.
2. Menginstruksikan utuk
menyatakan suhu salah satu benda ke dalam skala suhu yang lain untuk
membuktikan kebenaran dari hubungan antar skala yang sudah siswa
ketahuiberdasarkan buku fisika yang mereka pelajari.
|
1. Merubah skala salah satu
skala suhhu benda kedalam skla suhu yang lain, untuk membuktikan kebenaran
hubungan antar skala tersebut.
|
07:40-07.45
|
Fase 6 : siswa membuat kesimpulan.
|
1. Guru meminta salah tga orang
siswa ( dua laki – laki & sat perempuan ) untuk menuliskan kasimpulan
tentang hubungan antar skala suhu yang mereka peroleh.
2. Memberikan sedikit penjelasan
tentang hubungan anatar skala suhu.
3. Membuka sesi pertanyan untuk
siswa.
|
1. Tiga orang siswa menuliskan jawaban mereka tentang hubungan antar skla suhu, di
papan tulis.
2. Memperhatikan penjelasann
guru.
3. Siswa nmenanyakan hal yang
belum mereka mengerti tentanng skala suhu tersebut.
|
07:45-08:00
|
Fase 7 : siswa meramalkan konsekuensi,
menjelaskan, berhipotesa.
|
1. Menginstruksikan siswa untuk
menngkonfersikan skala suhu dari tiap benda yang mereka catat berdasarakan
video tadi ke dalam empat skala suhu yang lain.
|
1. Melaksanakan apa yang
diinstruksikan oleh guru.
|
08:00-08:10
|
Fase 8 : menjelaskan atau mendukung
hipotesa yang telah dibuat
|
1.
Sesuai jumlah benda yang ada di video, guru menginstruksikan lima orang
siswa untuk menuliskan hasil kerja mereka di papan tulis.kemudian menjelaskan
hasil yang merea perolehh tersebut.
|
1.
Sesuai instruksi guru, lima orang siswa menuliskan hasil kerja mereka
dan menjelakannya.
|
08:10-08:20
|
Fase 9 : siswa membuktikan prediksinya
|
1.
Mengoreksi hasil kerja siswa yang ditulis di papan tulis, dimana
hasilkerja siswa ini merupakan cara siswa untuk membuktikan prediksi mereka.
menjelaskan kembali
2. Tentang skala suhu yang merupakan salah satu pengukuran dalam fisik
|
1.
Memperhatikan dengan seksama penjelasan guru.
|
08:20-08:27
|
Catatan :
- Pembagian waktu tidak mutlak harus seperti diatas,
- Penggunaan waktu diatas tidak tepat 90 menit. Hal tersebut dikarenakan waktu yang tersisa digunakan untuk kegiatan pembukaan dan penutupan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar