"Mungkin saat ini tulisan yang ada di blog ini belum berkualitas,, salah satu faktor utamanya saya masih penulis amatiran.. hehehe, tapi suatu saat isi tulisan blog ini akan berisi tulisan2 yang berkualitas,, insyaaallah,, saya akan berusaha... mari kita buktikan "We will never know the real answer, before you try.”,,

Tahapan Pembelajaran Creative Problem Solving



Tahapan Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving)

Creative Problem Solving dikenalkan oleh Alex Osborn pada tahun 1942 seorang Manager iklan BBD & O untuk melihat mengapa orang lebih kreatif daripada yang lain  dan digunakan di perusahaan pemerintah dan grup nirbala di seluruh dunia. Pada tahun 1953 Osborn mengenalkan buku  Applied Imagination untuk pertama kalinya, sekaligus menjelaskan bahwa Creative Problem Solving   memiliki tujuh tahapan antara lain Orientation, preparation, analysis, hypothesis, incubation, systeshis, verification (Isaksen, 1998).   Kemudian Sidney Parnes seorang Profesor Psikologi pada tahun 1965 bergabung dengan Osborn dan mengembangkan Creative Problem Solving   ke dalam bidang pendidikan yang bertujuan untuk membantu siswa  dalam memahami dan mengaplikasikan kreativitas dalam semua aspek kehidupan. Kemudian pada tahuan 1967 setelah Osborn Meninggal dunia,  Parnes mengembangkan Creative Problem Solving  menjadi enam tahapan sebagai berikut.
1.      Menemukan Sasaran ( Objective Finding )
Pada tahap ini guru menyajikan kejadian (tantangan) yang akan dicarikan penyelesainnya oleh siswa. Setelah itu, guru mendorong siswa untuk  memahami dan mendeskripsikan kembali kejadian tersebut untuk menggunakan bahasa mereka sendiri. Kegiatan ini bertujuan agar siswa lebih memahami gambaran dari  kejadian yang diberikan. Setelah siswa selesai mendeskripsikan kejadian dengan bahasa mereka sendiri, siswa selanjutnya diajak untuk menemukan sasaran atau tujuan yang hendak dicapai dalam proses pemecahan masalah.
2.      Menemukan Fakta (Fact Finding )
Pada tahap ini, siswa mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait kejadian atau tantangan yang sudah diberikan dengan menggunakan semua persepsi dan indera mereka. Siswa menyelesaikan tahap ini dengan mengidentifikasi  seluruh fakta yang dianggap  relevan dengan permasalahan. Fakta yang mereka berikan kemudian dijelaskan  untuk memperoleh informasi yang lebih dalam terkait dengan fakta yang telah ditemukan. Penjelasan ini selanjutnya digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan informasi mana saja yang menjadi informasi paling penting.
3.      Menemukan Masalah (Problem Finding )
Tujuan dari tahap ini adalah untuk memperjelas tantangan atau permasalahan dengan mendefenisikan kembali tantangan atau permasalahan yang sudah diberikan dengan mempertimbangkan berbagai cara melihatnya. Ketika mengulang tantangan ditahap ini akan sangat membantu untuk menyatakan tantangan dalam bentuk pertanyaan “ Kenapa hal ini terjadi ? Apa yang harus dilakukan ? dan pertanyaan lainnya sehingga pada akhirnya jelas apa yang ingin diselidiki dan dipecahkan.  Tahapan ini merupakan tahapan yang paling penting dalam Pendekatan Creative Problem Solving. Pada tahap ini juga siswa diberi kesempatan untuk melakukan penyelidikan untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang sudah mereka rumuskan melalui tahapan menemukan fakta.
4.      Menemukan Ide (Idea Finding )
Pada tahap ini, siswa diminta untuk memunculkan berbagai macam ide penyelesaian dari permasalahan yang diberikan dengan menggunakan berbagai sudut pandang yang berbeda. Dalam usaha menemukan ide-ide penyelesaian ini, siswa diharapkan bisa menghubungkan permasalahan-permasalahan yang sudah mereka rumuskan pada tahap Problem Finding dengan konsep-konsep yang sudah mereka peroleh dari kegiatan eksperimen. Setelah semua ide terkumpul, siswa diminta untuk mengidentifikasi ide-ide tersebut guna memperoleh ide-ide  yang dianggap berpotensi untuk dikembangkan atau digunakan dalam penyelesaian masalah. Semua ide-ide yang dianggap berpotensi selanjutnya digeneralisasi dan digunakan sebagai pedoman pada tahap berikutnya  (Solution Finding )
5.      Menemukan Solusi ( Solution Finding )
Pada tahap ini, siswa diminta untuk menemukan beragam solusi dengan berlandaskan ide-ide yang sudah mereka daftarkan pada tahapan sebelumnya (Idea Finding). Berbagai solusi yang ditemukan selanjutnya dipilih sesuai dengan  bentuk dan situasi permasalahan.  Solusi yang dipilih merupakan solusi terbaik dari solusi yang ada.  Namun tidak menutup kemungkinan solusi yang dipilih untuk mengatasi masalah yang sudah diberikan lebih dari satu solusi asalkan solusi-solusi yang dipilih tersebut relevan dengan masalah yang dipecahkan.
6.      Menemukan Penerimaan (Acceptance Finding )
        Tujuan dari tahapan ini adalah untuk mengembangkan rencana aksi. Siswa diminta untuk menuliskan secara terperinci terkait tahapan-tahapan yang harus dilewati ketika akan mewujudkan solusi-solusi yang sudah dipilih dalam bentuk penyelesaian nyata. Dalam tahapan ini,  siswa diminta mencatat faktor-faktor pendukung lainnya yang sekiranya diperluhkan dalam mewujudkan solusi-solusi terpilih ke dalam bentuk tindakan nyata.
Dari keenam tahapan CPS  di atas dapat dijabarkan menjadi  beberapa tahapan yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti yang terlihat dalam dalam tabel berikut ini,
Tabel Tahapan Pembelajaran CPS
TAHAPAN
KEGIATAN
PENDAHULUAN
Pendahuluan
·         Melakukan Apersepsi melalui pertanyaan
·         Melakukan Demonstrasi
·         Menyampaikan tujuan Pembelajaran
·         Membagi siswa dalam kelompok kecil dan membagikan LKS pada masing-masing kelompok
INTI
Menemukan Sasaran
·         Menyajikan Fenomena dalam bentuk permasalahan terbuka yang bersifat kontekstual untuk dipecahkan siswa dengan cara-cara kreatif
·         Mendorong siswa untuk mendeskripsikan keadaan  dari suatu kejadian dengan menggunakan bahasa mereka sendiri
·         Mendorong siswa untuk menentukan tujuan yang hendak diwujudkan dari kegiatan pemecahan masalah
Menemukan
Fakta
·         Mendorong siswa untuk menemukan beragam informasi berupa fakta-fakta yang terdapat pada permasalahan
·         Mendorong siswa untuk mengeksplorasi fakta-fakta yang sudah mereka temukan dengan cara mencari informasi yang lebih mendalam terkait dengan fakta-fakta tersebut
·         Mengidentifikasikan fakta-fakta yang dianggap paling penting dan relevan dengan permasalahan yang ada.
Menemukan masalah
·         Mendorong siswa  menemukan beragam masalah yang terdapat pada suatu situasi dengan menggunakan berbagai sudut pandang
·         Mendorong siswa menentukan masalah yang paling essensial
·         Mendorong siswa merumuskan masalah dalam bentuk pertanyaan empiris yang dapat dipecahkan
·         Mendorong siswa melakukan eksperimen dan diskusi sebagai upaya untuk membangun konsep selanjutnya digunakan sebagai landasan dalam proses pemecahan masalah
Menemukan Ide
·         Mendorong siswa mencari koneksi, keterkaitan, hubungan dari konsep-konsep yang sudah ada dibangun untuk menemukan berbagai ide untuk menyelesaikan permasalahan
·         Mendorong siswa untuk memunculkan beragam ide-ide penyelesaian
·         Mendorong siswa untuk mengurutkan, membuat rangking, dan memilih ide-ide yang dianggap paling potensial untuk memecahkan masalah
Menemukan Solusi
·         Mendorong siswa untuk menemukan alternatif solusi yang tepat berdasarkan  berbagai macam ide yang sudah didaftarkan
·         Mendorong siswa untuk memilih solusi terbaik dari alternatif solusi yang sudah ditemukan
Menemukan Penerimaan
·         Mendorong siswa mengembangkan rencana aksi dengan jalan memerintahkan suswa untuk menuliskan peralatan atau faktor pendukung  lainnya serta langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mewujudkan solusi yang dipilih
·         Mendorong siswa mempertimbangkan rencana-rencana aksi lain yang mendukung jawaban.
PENUTUP
Penutup
·         Mengajak siswa menyimpulkan seluru hasil kegiatan pembelajaran
·         Menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komponen dan Prinsip Kerja PLTU

Komponen dan Prinsip Kerja PLTU Pembakaran pulverized-coal dengan tangential burners yang dipasang pada empat sudut combustion ...

Adbox

@templatesyard