"Mungkin saat ini tulisan yang ada di blog ini belum berkualitas,, salah satu faktor utamanya saya masih penulis amatiran.. hehehe, tapi suatu saat isi tulisan blog ini akan berisi tulisan2 yang berkualitas,, insyaaallah,, saya akan berusaha... mari kita buktikan "We will never know the real answer, before you try.”,,

Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah


                           Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah
 

Keterampilan berpikir kreatif adalah keterampilan  untuk memikirkan banyak kemungkinan, menggunakan cara yang bervariasi, menggunakan sudut pandang  yang berbeda, memikirkan sesuatu yang baru dan tidak biasa untuk membimbing kita dalam menghasilkan dan memilih alternatif. Isaksen (1995) dalam A. Busyairih (2015). Senada dengan pernyataan di atas menurut Liliasari (2013) keterampilan berpikir kreatif adalah keterampilan mengembangkan atau menemukan ide atau gagasan asli estetis dan konstruktif yang berhubungan dengan pandangan dan konsep serta menekankan pada aspek  berkipir intuitif dan rasional khususnya  dalam menggunakan informasi dan bahan untuk memunculkan  atau menjelaskan dengan persvektif asli pemikir. Menurut Jawar ( Dalam Bilal 2012) berpikir kreatif dikenal sebagai aktivitas mental yang bertujuan mengarahakan keinginan yang kuat untuk mencari solusi atau solusi asli yang belum diketahui sebelumnya.
            Akar kreativitas terletak pada seseorang yang menyadari bahwa ada sesuatu yang salah, kurang, dan misterius.  Salah satu ciri yang menonjol dari orang yang benar-benar kreatif adalah  bahwa ia melihat masalah dimana yang lainnya tidak. Sedangkan seseorang yang tidak peka terhadap masalah menandakan orang tersebut tidak kreatif. Dengan demikian, berpikir kreatif adalah salah satu unsur dalam proses pemecahan masalah.
            Salah satu kemampuan abad 21 adalah kemampuan pemecahan masalah.  Pemecahan masalah biasanya digambarkan dengan mengembangkan suatu solusi dari permasalahan yang ada berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. Pemecahan Masalah adalah upaya individu atau kelompok untuk menemukan jawaban berdasarkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan yang telah dimiliki sebelumnya untuk memenuhi tuntutan situasi yang tak lumrah  (Krulik dan Rudnick, 1996).  Guilord menyatakan bahwa hubungan erat antara berpikir kreatif dan pemecahan masalah.  Guilord mengisyaratkan bahwa berpikir kreatif adalah bagian dari pemecahan masalah.  Berpikir kreatif menghasilkan  hasil baru, dan pemecahan masalah melibatkan  memproduksi respon baru untuk situasi baru, yang merupakan hasil baru, Guilord dalam ( Isaksen, 1995). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah memiliki aspek kreatif.
            Dari pemaparan di atas dapat dilihat bahwa ada keterkaitan yang sangat erat antara kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah.  Pada tahun 2007, Isaksen mengemukakan bahwa  hubungan antara pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif  dapat digambarkan dalam  sebuah keterampilan yang terintegrasi.  Keterampilan berpikir kreatif dalam  pemecahan masalah menekankan pada pentingnya penemuan  berbagai alternatif,  ide, dan gagasan untuk mencari berbagai macam tindakan dari setiap langkah dari proses pemecahan masalah yang digunakan.  Keterampilan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah menjadi bahan yang penting untuk dimiliki seorang siswa  karena tak jarang kita menemukan masalah yang sama dan diselesaikan dengan solusi yang berbeda karena situasi yang semakin dinamis.
Torrance,  Mengemukakan bahwa indikator keterampilan berpikir kreatif menjadi empat yaitu  fluency, flexibelity, originality, dan  Elaboration.  Akan tetapi dalam penelitian ini akan dibahas 4 indikator  berpikir kreatif yakni,  Fluency, Flexibility, originality.  Fluency  digunakan untuk menghasilkan banyak ide, gagasan, jawaban, penyelesaian masalah dan pertanyaan,  memberikan banyak cara dan saran untuk melakukan berbagai hal serta selalu memikirkan lebih dari satu jawaban.  Flexibility  merupakan kemampuan untuk melihat pertanyaan atau topik dari berbagai perspektif  atau sudut pandang yang berbeda-beda, serta mampu mengubah cara pendekatan atau cara pemikiran. Origina;ity adalah mampu melahirkan ungkapan yang baru dan unik, memikirkan cara yang tidak lazim untuk mengungkapkan diri  serta mampu membuat kombinasi-kombinasi yang tidak lazim dari bagian unsur. Penelitian ini memfokuskan kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah.  Oleh karenanya ketiga indikator kemampuan berpikit kreatif Fluency, Flexibility, originality dapat dilihat dari tiga aspek yaitu, pertama keterampilan dalam memahami masalah ( Understanding the Problem ) yang meliputi keterampilan dalam menemukan fakta ( fact finding ) dan keterampilan menemukan masalah (Problem Finding ).  Kedua,  keterampilan dalam mengumpulkan ide ( generating idea ) yang meliputi keterampilan menemukan ide . ketiga keterampilan dalam menemukan rencana aksi  yang meliputi keterampilan menemukan solusi dam keterampilan menentukan penerimaan (  Acceptance Finding ).
            Peningkatan keterampilan berpikir kreatif  dalam pemecahan masalah ini dapat dilihat melalui tes awal   dan tes akhir yang diukur dengan menggunakan tes soal Essay. Indikator keterampilan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah yang dikupas dalam penelitian ini dapat Anda lihat pada tabel  berikut ini,
Tabel 2  Indikator keterampilan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah
Indikator
Keterangan
                        Kreatif Dalam Menemukan Fakta (  Finding Fact)
Fluency
·         Siswa diharapkan dapat menemukan banyak informasi berupa fakta-fakta yang relevan dengan permasalahan
·         Siswa dapat mencari arti yang lebih mendalam terkait fakat-fakta yang sudah mereka temukan
Flexibility
·         Siswa dapat menemukan beragam informasi berupa fakta-fakta dari berbagai perspektif atau sudut pandang yang berbeda
·         Siswa dapat mencari arti yang lebih dalam terkait beragam fakta yang sudah mereka temukan
Originality
·         Siswa dapat menemukan banyak informasi berupa fakta-fakta yang unik (asli) serta relevan dengan permasalahan
·         Siswa dapat mencari arti yang lebih mendalam terkait fakta-fakta unik yang sudah mereka temukan
Kreatif dalam Menemukan Masalah ( Problem Finding )
Fluency
·         Siswa dapat menemukan banyak permasalahan yang terdapat pada suatu kejadian
·         Siswa dapat memberikan alasan dari setuiap permasalahan yang sudah mereka temukan
Flexibility
·         Siswa dapat menemukan beragam permasalahan dari berbagai perspektif atau sudut pandang yang berbeda
·         Siswa dapat memberikan alasan dari setiap permasalahan untuk yang sudah mereka temukan.
Originality
·         Siswa dapat menemukan berbagai permasalahan yang unik dari suatu kejadian
·         Siswa dapat memberikan alasan dari setiap permasalahan unik yang sudah mereka temukan
Kreatif  dalam Menemukan Ide
Fluency
·         Siswa dapat menemukan banyak ide penyelesaian dari suatu pengalaman
·         Siswa dapat memberikan alasan dari setiap ide yang mampu mereka temukan
Flexibility
·         Siswa dapat menemukan beragam ide penyelasaian dari berbagai perspektif atau sudut pandang yang berbeda
·         Siswa dapat memberikan alasan dari setiap ide unik yang mereka sudah temukan
Originality
·         Siswa dapat menemukan beragam ide penyelasaian yang unik yang mereka sudah temukan
·         Siswa dapat memberikan alasan dari setiap ide unik yang mereka sudah temukan

Kreatif dalam menemukan Ide
Fluency
·         Siswa dapat menemukan banyak solusi penyelasaian dari suatu permasalahan
·         Siswa dapat memberikan alasan dari setiap solusi yang mereka temukan
Flexibility
·         Siswa dapat menemukan beragam solusi penyelesaian dari berbagai perspektif atau sudut pandang yang berbeda
·         Siswa dapat memberikan alasan dari setiap solusi yang mereka temukan
Originality
·         Siswa dapat menemukan beragam solusi penyelesaian yang unik  dari suatu permasalahan
·         Siswa dapat memberikan alasan dari setiap solusi yang mereka temukan

1 komentar:

Komponen dan Prinsip Kerja PLTU

Komponen dan Prinsip Kerja PLTU Pembakaran pulverized-coal dengan tangential burners yang dipasang pada empat sudut combustion ...

Adbox

@templatesyard