Kelebihan
Praktikum inkuiri
- Meningkatkan kemampuan berfikir kritis
- Menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang sehingga kegiatan praktikum dianggap jauh lebih bermakna.
- Dalam kegiatan diskusi, guru dapat mengetahui kedalam pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai konsep yang sedang di bahas.
- Kegiatan praktikum menjadi lebih hidup serta dapat menjadikan siswa aktif
- Kegiatan inkuiri merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman.
- Dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Artinya, siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar.
- Dapat membentuk dan mengembangkan konsep dasar kepada siswa
- Membantu dalam ingatan dan transfer pada situasi proses belajar yang baru
- Mendorong siswa untuk berfikir dan bekerja atas inisiatifnya sendiri, bersifat jujur, obyektif dan terbuka
- Menghindarkan diri dari cara belajar tradisional yaitu guru yang menguasai kelas
- Memungkinkan siswa belajar dengan memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar
- Dapat melatih siswa untuk belajar dengan positif sehingga dapat mengembangkan pendidikan demokrasi
- Dalam kegiatan diskusi, guru dapat mengetahui kedalam pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai konsep yang sedang di bahas.
Kelemahan Praktikum Inkuiri
- Memerlukan kemampuan siswa yang tinggi dalam praktikum inkuiri. Bila siswa tidak memiliki kemampuan yang memadai, kegiatan praktikumakan menjadi kurang efektif
- Memerlukan perubahan kebiasaan cara belajar siswa yang biasanya menerima informasi dari guru secara langsung
- Guru dituntut mengubah kebiasaan mengajar yang umumnya sebagai pemberi informasi menjadi fasilitator, motivator dan pembimbing siswa dalam belajar
- Memungkinan ada anggota yang kurang aktif karena dilakukan secara kelompok
- Pembelajaran inkuiri kurang cocok pada anak yang usianya terlalu muda
- Cara belajar siswa dalam metode ini menuntut bimbingan guru yang lebih baik
- Guru akan kesulitan mengatur/mengontrol kegiatan untuk kelas yang jumlah siswanya banyak
- Kegiatan Praktikum akan kurang efektif jika guru tidak menguasai kelas.
- Sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
- Dalam pelaksanaannya, guru kesulitan menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan.
Daftar Pustaka :
Dewi, Ade.,kurnia.,Sunarya,Yayan. (2013). Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. FPMIPA UPI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar