"Mungkin saat ini tulisan yang ada di blog ini belum berkualitas,, salah satu faktor utamanya saya masih penulis amatiran.. hehehe, tapi suatu saat isi tulisan blog ini akan berisi tulisan2 yang berkualitas,, insyaaallah,, saya akan berusaha... mari kita buktikan "We will never know the real answer, before you try.”,,

Model Pembelajaran Group Investigation dengan Model Berpikir Induktif,, 'RPP'


Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas / Semester         : X / 2
Mata Pelajaran            : Fisika
Materi                          : Pengukuran Besaran Suhu
Waktu                         : 07.00 – 08.30


A.     Syntax Model Pembelajaran Berkelompok (Group Investigation)
Fase
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Guru
Siswa
Fase 1: Menghadapi masalah
1.     Mengajukan dua pertanyaan tentang suhu dan skala thermometer untuk mengetahui pemahaman siswa tentang suhu yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
2.  Menyediakan es batu , air minum dalam kemasan, dan air panas yang tersimpan dalam termos,dan 5 buah thermometer.
3    Mendemonstrasikan penggunaan termometer.
4.     Mengajukan pertanyaan “ jika benda – benda pada point.3 diukur suhunya dalam skala Celsius, berapa besar suhu benda- benda tersebut jika dinyatakan dalam skala Kelvin, Fahrenheat, dan reamur?
  1. Beberapa siswa merespon dengan memberikan jawaban atas pertanyaan guru.
  2. Memperhatikan penjelasan guru.
07:05-07.20
Fase 2 : Reaksi
1.   Membagi siswa kedalam lima kelompok.pembagian kelompok didasarkan pada hasil ulangan Bab sebelumnya dan didasarkan pada jenis kelamin.
2.      Menginstruksikan siswa untuk duduk sesuai dengan kelompoknya.
3.      Menginstruksikan tiap kelompok untuk mengambil es batu,air dalam kemasan, dan air dalam termos, serta termometer.
4.      Menginstruksikan tiap kelompok untuk melakukan kegiatan seperti dalam buku LKS. Dengan alokasi waktu selama 30 menit.
  1. Mengikuti instruksi guru
07:20-07:30
Fase 3 : Formulasi
1.      Membimbing tiap kelompok untuk menentukan peranan dari tiap – tiap anggota kelompok
1.      Menentukan peranan tiap anggota kelompok
07:30-07.35
Fase 4 :
Penyelidikan
1.      Membimbing tiap kelompok saat melakukan penyelidikan
1.      Tiap kelompok melakukan kegiatan penyelidikan sesuai dengan yang ada di LKS.
07:35-07:55
Fase 5 :
Analisis
1.      Memberikan sedikit bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dalam pengolahan data hasil percobaan.
2.      Menginstruksikan perwakilan dari tiap kelompok untuk menuliskan pengolahan data hasil percobaannya di papan tulis.
3.      Menginstruksikan tiap perwakilan dari tiap kelompok untuk menyampaikan analisi dari hasil percobaan yang mereka peroleh.
4.      Bersama siswa guru memimpin jalannya diskusi tentang hasil percobaan yang telah dilakukan.
5.      Menyajikan informasi ( materi ) yang terkait dengan eksperimen yang telah dilakukan.
6.      Membuka sesi pertanyaan bagi siswa yang belum memahami materi yang telah dijelaskan dan telah dieksperimenkan.
1.      Mengolah data hasil percobaan dan menganalisi hasil dari pengolahan data tersebut.
2.      Menuliskan data hasil percobaan di papan tulis dan memaparkan analisis dari pengolahan data hasil percobaan.
3.      Menanyakan hal yang belum mengerti tentang materi yang telah di jelaskan dan telah dieksperimenkan.
07:55-08:25
Fase 6 :
Pengulangan kegiatan
Jika guru memberikan permasalahan baru, maka siswa akan melakukan kegiatan pada fase dua sampai lima.



B.    Syntax Model Pembelajaran Berpikir Induktif
Fase
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Guru
Siswa
Fase 1: Siswa menyebutkan dan menyusun daftar data
1.    Meminta siswa untuk memperhatikan dengan seksama video yang akan diputar.
2.    Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer,guru memutar sebuah video pembelajaran yang isinya tentang kehidupan sehari hari.dimana dalam video tersebut tersirat beberapa benda yang suhunya disebutkan dalam berbagai skala suhu ( Celsius, kelvin, reamur, dan fahrenheat ).
3.    Setelah video selesai diputar, guru meminta siswa untuk menyebutkan benda  - benda dimana benda – benda dalam video tersebu, dimana benda-benda tersebut mempunyai suhu yang bervariasi.
4.     Menginstruksikan siswa untuk mencatat data dan suhu benda yang mereka amati daliam video.

1.   Siswa menyaksikan video yang dipuar oleh guru.
2.   Beberapa siswa meresponn pertanyaan yang diajukan guru.
3.    Semua siswa mencatat daftar benda – benda yang ada dalam video beserta suhunya
07:05-07:25
Fase 2 : siswa mengelompokan data
1.    Menginstruksikan siswa untuk mengelompokan data yang mereka peroleh. Dimana pengelompokan data dilkukan berdasarakn skala suhu
1.    Masing – masing siswa melakukan pengelompokan data sesuai instruksi guru.
07:25-07:29
Fase 3 : siswa memberi nama dan mengklasifikasikan data
1.    Membimbing siswa untuk mengklasifikasikan data dengan benar sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, yakni pengklasifikasian dilakukan berdasarkan skala suhu.
1.      Mengklasifikasikan data yang diperoleh dari proses pengamatan terhadap isi video yang ttelah diskasikan..
07:29-07:33
Fase 4 : mengidentifikasi hubungan antar data yang diperoleh.
1.   Memberikan sedikit penjelasa tentang perbandingan antara skala Celsius, Fahrenheat, Reamur, dan Kelvin.
2.   Menginstruksikan siswa untuk mencari hubungan antar skala tersebut berdasarkan perbandingan yang telah dijelaskan sebelumnya.
1.    Dengan menggunakan sumber buku fisika yang mereka punya, siswa mencari hubungan antar skala suhu tersebut.
07:33-07:40
Fase 5 : siswa menyelidiki bagaiman hubungan itu.
1.   Membimbing siswa dalam menylidiki hubungan antar skla suhu tersebut.
2.   Menginstruksikan utuk menyatakan suhu salah satu benda ke dalam skala suhu yang lain untuk membuktikan kebenaran dari hubungan antar skala yang sudah siswa ketahuiberdasarkan buku fisika yang mereka pelajari.
1.    Merubah skala salah satu skala suhhu benda kedalam skla suhu yang lain, untuk membuktikan kebenaran hubungan antar skala tersebut.
07:40-07.45
Fase 6 : siswa membuat kesimpulan.
1.   Guru meminta salah tga orang siswa ( dua laki – laki & sat perempuan ) untuk menuliskan kasimpulan tentang hubungan antar skala suhu yang mereka peroleh.
2.   Memberikan sedikit penjelasan tentang hubungan anatar skala suhu.
3.   Membuka sesi pertanyan untuk siswa.
1.    Tiga orang siswa menuliskan jawaban  mereka tentang hubungan antar skla suhu, di papan tulis.
2.    Memperhatikan penjelasann guru.
3.    Siswa nmenanyakan hal yang belum mereka mengerti tentanng skala suhu tersebut.
07:45-08:00
Fase 7 : siswa meramalkan konsekuensi, menjelaskan, berhipotesa.
1.    Menginstruksikan siswa untuk menngkonfersikan skala suhu dari tiap benda yang mereka catat berdasarakan video tadi ke dalam empat skala suhu yang lain.
1.    Melaksanakan apa yang diinstruksikan oleh guru.
08:00-08:10
Fase 8 : menjelaskan atau mendukung hipotesa yang telah dibuat
1.   Sesuai jumlah benda yang ada di video, guru menginstruksikan lima orang siswa untuk menuliskan hasil kerja mereka di papan tulis.kemudian menjelaskan hasil yang merea perolehh tersebut.
1.    Sesuai instruksi guru, lima orang siswa menuliskan hasil kerja mereka dan menjelakannya.
08:10-08:20
Fase 9 : siswa membuktikan prediksinya
1.   Mengoreksi hasil kerja siswa yang ditulis di papan tulis, dimana hasilkerja siswa ini merupakan cara siswa untuk membuktikan prediksi mereka. menjelaskan kembali
2.   Tentang skala suhu yang merupakan salah satu pengukuran dalam fisik
1.    Memperhatikan dengan seksama penjelasan guru.
08:20-08:27


Catatan :
  • Pembagian waktu tidak mutlak harus seperti diatas,   
  • Penggunaan waktu diatas tidak tepat 90 menit. Hal tersebut dikarenakan waktu yang tersisa digunakan untuk kegiatan pembukaan dan penutupan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komponen dan Prinsip Kerja PLTU

Komponen dan Prinsip Kerja PLTU Pembakaran pulverized-coal dengan tangential burners yang dipasang pada empat sudut combustion ...

Adbox

@templatesyard