"Mungkin saat ini tulisan yang ada di blog ini belum berkualitas,, salah satu faktor utamanya saya masih penulis amatiran.. hehehe, tapi suatu saat isi tulisan blog ini akan berisi tulisan2 yang berkualitas,, insyaaallah,, saya akan berusaha... mari kita buktikan "We will never know the real answer, before you try.”,,

Tugas III Gelop

1. a. Turunkan ungkapan cepat rambat gelombang pada zat padat yang memiliki modulus young Y dan rapat massa r, kemudian hitunglah cepat rambat gelombang gempa bumi (misalkan bumi mempunyai densitas rata-rata 1500 kg/m3, dan modulus elastisitas sebesar 3,8.1010 N/m2).
b. Sebuah tabung berisi gas O2 pada tekanan 1 atm. Gas O2 memiliki nilai rasio panas jenis 3,14 dan densitas 1,43.10-3 g/cm3. Perkirakan berapakah cepat rambat gelombang bunyi pada gas dalam tabung tersebut.
c. Suatu batang logam (densitas 7200 kg/m3, modulus Young 2.1011 N/m2) dilalui gelombang sinusoidal dengan frekuensi sudut 2 kHz dan intensitas rata-rata 96.10-6 watt/m3. Tentukan amplitudo gelombang tersebut.
d. Dua gelombang bunyi intensitasnya masing-masing 50 dan 500 mikrowatt/cm2. Berapakah perbedaan taraf intensitas kedua bunyi tersebut (dalam dB)?

2. Pada batang tembaga yang panjang, merambat gelombang dengan bilangan gelombang 0,2 rad/m dan amplitudo 10-3 cm. Bila kecepatan gelombang tersebut 5.103 m/det, dan rapat massa tembaga 8.103 kg/m3. Tentukanlah :
a. Modulus Young Tembaga dan Impedansi karakteristik gelombang.
b.  Persamaan gelombang

3. Gelombang bunyi sinusoidal dengan taraf intensitas 60 dB dan frekuensi 800 Hz merambat di udara. Impedansi karakteristik udara 41,5 g/cm2sec dan density 1,2 g/cm3. Hitunglah:
a.     Intensitas gelombang bunyi tersebut dalam satuan SI.
b.     Amplitudo gelombang perpindahan
c.      Amplitudo gelombang kecepatan
d.     Amplitudo gelombang tekanan
e.      Perbandingan antara tekanan gangguan dan tekanan dalam keadaan setimbang

4. a. jelaskan 3 syarat air ideal ditinjau dari rambatan gelombang, kemudian buktikan bahwa  dan
      b. Turunkan persamaan gelombang permukaan air yang dalamnya h jika tegangan permukaan tidak diabaikan. (anggap air ideal).
      c. Turunkan hubungan dispersivitas gelombang tersebut, kemudian tentukan sifat dispersinya untuk kasus (i) h sangat kecil (dangkal) dan (ii) h sangat besar (dalam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komponen dan Prinsip Kerja PLTU

Komponen dan Prinsip Kerja PLTU Pembakaran pulverized-coal dengan tangential burners yang dipasang pada empat sudut combustion ...

Adbox

@templatesyard